Home       About Us       Contact Us       Privacy Policy      

Sunday, March 15, 2015


Harga Naik ...Malah Kesempatan

BBM naik.... semuanya ikut naik, tak terkecuali bahan bahan baku untuk roti juga ikut ikutan naik, bahkan ada yang naik hingga 50 persen. Sekilas memang terasa berat menjalankan bisnis brownies rumahan ini karena kondisinya serba susah. Dengan produk dan merk yang belum terkenal, konsumen rata rata orang kampung, mau naik harga... susah, mau dikecilin produknya disangka pelit, terusss bahan diturunin kualitasnya ..jelas tidak mungkin... Kondisi ini akan menjadi situasi yang sangat sulit, banyak dari teman teman bisnis brownies rumahan ini yang akhirnya harus berakhir alias tutup. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi untuk usaha bakery tokoan, dimana mereka biasanya ikut menaikan harga produknya. Hal ini lebih mudah buat mereka karena mereka sudah mempunyai nama dan rata rata sudah dikenal oleh masyarakat umum.
Tetapi apabila kita pernah melihat film film kartun ditelevisi pernah kita dengar kata kata “ Selalu ada jalan keluar “ dan “ itu adalah ide yang bagus “, apa maksudnya ? sesulit apapun kondisi dan situasi nya pasti ada solusi untuk mengatasinya, dan apapun yang terjadi jika kita mau melihat dari kacamata yang positif itu akan menjadi sumber ide. Dengan kondisi yang terjadi diatas justru menjadi momen dan sarana buat pelaku bisnis brownies rumahan untuk mengangkat image mereka , bagaimana caranya ? naah...sedikit sharing pengalaman kami lakukan ... yaitu dengan tetap bertahan dalam bisnis, pertahankan kualitas produk, jaga hubungan baik dengan pelanggan, perbanyak inovasi dan variasi produk . Pertanyaan akan muncul ....lha bagaimana dengan harga jual kita ? jawabnya ...tentu akan kita naikan juga , tapi waktunya ...bisa seminggu kemudian atau sebulan kemudian , kenapa begitu ! jawabnya adalah dengan tidak menaikan harga dulu akan memberikan kesan kepada pelanggan bahwa harga produk kita masih amatlah murah, sedangkan disisi lain konsumen akan beranggapan harga produk roti tokoan akan semakin mahal karena otomatis akan mereka naikan , mereka yakin karena produk mereka sudah dikenal . Dengan demikian pelanggan secara otomatis akan berpikir dan selektif untuk membeli roti. Mereka akan mencari roti yang lebih murah dengan kualitas yang baik, naahhhh..... ini lah kesempatan kita.
Jika kita bisa tetap bertahan seperti yang diatas bukan tidak mungkin pelanggan akan berpaling ke produk kita, tinggal bagaimana caranya kita bisa mempertahankan produk kita dan lebih mengenalkan produk kita ke pelanggan . Bagaimana ...... Semoga suksesss !!!

Posted by: Widi Lesmana Al Madina Bakery Updated at: 11:37 PM

No comments :

Post a Comment

HALAMAN SELANJUTNYA
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...