Home       About Us       Contact Us       Privacy Policy      

Saturday, March 28, 2015


Tips Pemasaran : Analisa Type Pelanggan

Tips Pemasaran : Bagaimana menganalisa Type Pelanggan


     Dalam  prosese pemasaran tentunya saat kita menawarkan suatu produk pasti kita  ketemu dengan pelanggan yang mempunyai bermacam macam type. Dari bermacam macam type itulah sebenarnya kita bisa menganalisa dan belajar bahwa pelanggan yang mau membeli produk saat kita menawarkan itu yang mempunya type  seperti apa .
     Setelah kita tahu akan lebih mudah untuk bisa fokus atau kita bisa mengambil langkah langkah saat kita berhadapan dengan pelanggan ,lebih lebih saat terjadi penolakan.
Seperti  hal nya juga saat kita menawarkan brownies ke kantin kantin sekolahan atau ke pedagang jajan dipasar-pasar, kita juga bisa mengidentifikasi  pelanggan dan mengantisipasi ketika ada penolakan  saat menawarkan produk kita.
Berikut adalah Type pelanggan dan bagaimana cara mengantisipasinya :
1.       Pelanggan yang Kolot.
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang keras, susah dipengaruhi, mereka bersikukuh dengan prinsip dan pendirianya.
Cara mengatasinya  : dengan cara pendekatan secara personal , contoh jika pelanggan suka main badminton kita bisa ikut klub nya, sehingga kita bisa lebih dekat denganya.
2.       Pelanggan yang Tradisional
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang keras, mereka memegang teguh pendahulunya.
Cara mengatasinya  :  pendekatan secara personal.
3.       Pelanggan yang Mencoba coba
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang fleksibel, mereka mau mencoba , dan bisa dipengaruhi dengan syarat jika memang produk yang ditawarkan akan menguntungkan, dan produk lebih baik dari sebelumnya. 
Cara mengatasinya  :  deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk , keuntungan memakai produk tersebut.
4.       Pelanggan yang Berorientasi pada Bisnis
Pelanggan ini akan berpedomana bahwa segalanya adalah bisnis. Mereka akan memebeli jika produk yang kita tawarkan menguntungkan.
Cara mengatasinya  :  deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk , keuntungan memakai produk tersebut.
5.       Pelanggan  Artistik
Pelanggan ini akan berpedomana bahwa suatu produk yang dia beli tidak hanya menguntungkan tetapi harus ada unsur artistiknya atau seni. Contoh jika produk roti harus bentuk nya bagus, warnanya menarik.
Cara mengatasinya  :  deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk , keuntungan memakai produk tersebut.
       Kenyataan yang ada adalah bahwa kebanyakan pelanggan tidak hanya mempunyai satu type, tetapi pelanggan kebanyakan mempunyai lebih dari satu type.
Dari uraian diatas maka kita akan lebih mudah merencanakan dan mempersiapakan segala sesuatu sebelum kita menawarkan produk ke pelanggan.
Sekali  lagi kami ingin meyakinkan bahwa meskipun yang kita jalankan adalah  bisnis rumahan tetapi tidak ada salahnya, dan bahkan perlu untuk mempersiapkan hal hal seperti ini.
       Untuk selanjutnya akan kita share lagi hal hal yang berkaitan dengan pemasaran berdasarkan pengalaman kami bertahu-tahun saat kami melakukan pemasaran di perusaahan terkenal didunia yang  bergerak di bidang foodservice.
Posted by: Widi Lesmana Al Madina Bakery Updated at: 7:11 AM

No comments :

Post a Comment

HALAMAN SELANJUTNYA
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...