Dalam prosese pemasaran tentunya saat kita
menawarkan suatu produk pasti kita ketemu dengan pelanggan yang mempunyai
bermacam macam type. Dari bermacam macam type itulah sebenarnya kita bisa
menganalisa dan belajar bahwa pelanggan yang mau membeli produk saat kita
menawarkan itu yang mempunya type seperti apa .
Setelah kita tahu akan lebih mudah untuk bisa fokus atau
kita bisa mengambil langkah langkah saat kita berhadapan dengan pelanggan
,lebih lebih saat terjadi penolakan.
Seperti hal nya juga
saat kita menawarkan brownies ke kantin kantin sekolahan atau ke pedagang jajan
dipasar-pasar, kita juga bisa mengidentifikasi
pelanggan dan mengantisipasi ketika ada penolakan saat menawarkan produk kita.
Berikut adalah Type
pelanggan dan bagaimana cara mengantisipasinya :
1. Pelanggan yang Kolot.
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang
keras, susah dipengaruhi, mereka bersikukuh dengan prinsip dan pendirianya.
Cara
mengatasinya : dengan cara
pendekatan secara personal , contoh jika pelanggan suka main badminton kita
bisa ikut klub nya, sehingga kita bisa lebih dekat denganya.
2. Pelanggan yang Tradisional
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang
keras, mereka memegang teguh pendahulunya.
Cara
mengatasinya : pendekatan secara personal.
3. Pelanggan yang Mencoba coba
Pelanggan ini biasanya mempunyai watak yang
fleksibel, mereka mau mencoba , dan bisa dipengaruhi dengan syarat jika memang
produk yang ditawarkan akan menguntungkan, dan produk lebih baik dari
sebelumnya.
Cara
mengatasinya : deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk ,
keuntungan memakai produk tersebut.
4. Pelanggan yang Berorientasi pada Bisnis
Pelanggan ini akan berpedomana bahwa segalanya
adalah bisnis. Mereka akan memebeli jika produk yang kita tawarkan
menguntungkan.
Cara
mengatasinya : deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk ,
keuntungan memakai produk tersebut.
5. Pelanggan
Artistik
Pelanggan ini akan berpedomana bahwa suatu produk
yang dia beli tidak hanya menguntungkan tetapi harus ada unsur artistiknya atau
seni. Contoh jika produk roti harus bentuk nya bagus, warnanya menarik.
Cara
mengatasinya : deskrisipkan gambaran dan kelebihan produk ,
keuntungan memakai produk tersebut.
Kenyataan yang ada adalah bahwa kebanyakan pelanggan tidak
hanya mempunyai satu type, tetapi pelanggan kebanyakan mempunyai lebih dari
satu type.
Dari uraian diatas maka kita akan lebih mudah merencanakan
dan mempersiapakan segala sesuatu sebelum kita menawarkan produk ke pelanggan.
Sekali lagi kami
ingin meyakinkan bahwa meskipun yang kita jalankan adalah bisnis rumahan tetapi tidak ada salahnya, dan
bahkan perlu untuk mempersiapkan hal hal seperti ini.
Untuk
selanjutnya akan kita share lagi hal hal yang berkaitan dengan pemasaran
berdasarkan pengalaman kami bertahu-tahun saat kami melakukan pemasaran di
perusaahan terkenal didunia yang
bergerak di bidang foodservice.
No comments :
Post a Comment